MAKANAN PAPEDA SAGU IKAN ASAR KHAS AMBON MALUKU

Makanan khas Maluku khususnya di Ambon dikenal beberapa jenis seperti papeda, sagu, ikan kuah kuning, ikan asar dan makan lainnya. Dibawah ini ada beberapa jenis makanan tersebut :
  • PAPEDA dan IKAN KUAH KUNING

Papeda kelihatannya seperti lem/perekat, dan memang dapat dijadikan sebagai lem kertas.
Namun beginilah bentuk dari papepa makanan khas Ambon. Papeda terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan air panas, kemudian diaduk sampai mengental. 



Papeda dimakan bersama "ikan kuah kuning" atau sop ikan yang ditambahkan kunyit sehingga berwarna kuning. Rasanya yang sedikit asam biasa ditambahkan dengan Belimbing Wuluh atau "Lemon Cina" Memang bila makan papeda dengan ikan kuah kuning sangat nikmat apalagi kalau dihidangkan masih hangat. Makanan non kolesterol ini juga sering dihidangkan pada saat acara-acara resmi yang menunjukan jati diri dari Orang Ambon.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjWbsFhO_N7npfRk2KaAuNS86GfGfweht1O_BnTKjCFdw3bMWgKlTvYKFhkcSE00tE7fmqKcj3q5ZxbZrWq-aju6jNwxS7_-6vIwROzGjpgINWfSOq3DsGSF7jM0JqRrUWltjddEM_l7KFo/s1600/detik_IMG_6683-s.jpg


  • SAGU

Sagu adalah sebuah jenis pohon yang tumbuh di daerah rawa. Bagian dalam batang sagu yang merupakan empulur batang akan remas untuk menghasilkan tepung.



Tepung sagu diolah menjadi beragam jenis makanan. Ada yang membuat sagu lempeng, sagu bakar, sagu gula, "sagu tumbu", "bagea", dan umumnya seperti dijelaskan di atas dibuat papeda sebagai sumber karbohidrat.

Sagu gula, enak dimakan pada waktu pagi atau sore hari sebagai makanan santai pelepas lelah bersama keluarga. Pasangan dari sagu gula ini adalah teh manis atau kopi panas. Betapa nikmatnya duduk santai sambil makan sagu dan minum kopi panas, segala lara duka dan sedih hilang seketika.

  • IKAN ASAR

Ikan asar adalah salah jenis khas makanan Ambon yang sering dijadikan oleh-oleh untuk keluarga, sanak saudara, handai tolan atau kerabat yang tinggal di luar Ambon.
Namun ikan asar masih menjadi favorit makanan orang Ambon.

Sebenarnya ikan asar adalah nama daerah di Ambon, namun di luar Ambon, namanya "Ikan Asap". Proses pembuatannya dengan pengasapan sehingga disebut ikan asap. Istilah Ambon bilang di "Asar".
Waktu pembuatannya orang Ambon bilang "Asar akang di atas Para-Para".



Artikel Terkait :

4 comments:

  1. su lama seng rasa tu makanan,,,,jd pingin pulang

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Mari bergabung di web togel online terbesar dan terpercaya. Deposit / withdraw cepat dan terjamin

    ..........www.duniarumus.com................

    Game Pasaran : Singapore - Hongkong - Sidney - Laos.
    Suport Bank : Bca - Mandiri - BRI - Perfectmoney.
    Silahkan Daftar Di Link Ini : http://www.duniarumus.com/register/andre98

    Rejeki besar menanti anda...

    ReplyDelete

Entri Populer