MUSIM DURIAN DI KOTA AMBON

Kota Ambon kali ini bukan banjir air namun "banjir Durian". Musim durian menguntungkan para pemilik "dusung" yang ditumbuhi dengan pohon durian. Pohon durian sudah ada sejak dulu dalam lahan-lahan milik masyarakat dan tumbuh dengan sendirinya. Namun sekarang sudah diusahakan untuk diperbanyak dan dikembangbiakan pohon buah-buahan ini.

Durian yang hadir di Kota Ambon, datang dari berbagai tempat. Tidak hanya dari Pulau Ambon sendiri tetapi masuk dari Pulau Seram. Pulau Seram merupakan pulau yang lebih luas dari Pulau Ambon. Pulau Seram memiliki wilayah seluas 18.625 km2 , dengan panjang 340 km dan lebar 60 km. Titik tertingginya ialah Gunung Binaiya, setinggi 3.019 m di atas permukaan laut sedangkan Pulau Ambon hanya 359,45 km2.

Durian-durian ini dijual sepanjang Jalan Mardika, dan banyak lokasi lain di kota Ambon, seperti Passo, Batu Meja, depan Rehoboth, dll. Sehingga begitu banyak durian dijual dimana-mana.


http://ambon.irshut.com/ambon-city-3.html

Harga durian berkisar antara Rp. 5.000 - Rp. 15.000, rasanya tidak kalah nikmat dengan durian-durian lain di Indonesia. Walaupun banyak begini, ternyata bisa habis juga karena banyak orang yang suka makan durian, walaupun ada yang tak tahan dengan baunya yang menusuk hidung.

Kalau memakan durian apakah tidak berbahaya ??? Menurut mitos durian mempunyai kadar kolesterol yang tinggi. Namun apa kata Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika dalam websitenya http://balitbu.litbang.deptan.go.id. 

"Rumor yang berkembang di masyarakat yang merugikan bagi durian yaitu kandungan kolesterol. Belum ada diatas dunia ini tanaman yang menghasilkan kolesterol. Bahkan sebenarnya 80% kolesterol berasal dari sintesa di dalam tubuh kita sendiri dan sisanya 20% berasal dari lemak hewani. Demikian juga rumor tentang kandungan alcohol pada durian. Lagi-lagi informasi ini sangat tidak tepat. Karena sesungguhnya tidak ada tanaman di atas bumi ini yang menghasilkan alkohol, kecuali karena fermentasi gula atau karbohidrat yang dikandungnya". 

Jadi jangan salah sangka terhadap durian apalagi sampai menfitnahnya.. he..he.. he.. Namun memakan sesuatu harus secukupnya jangan terlalu berlebihan agar anda tetap sehat...
Selamat Menikmati......

No comments:

Post a Comment

Entri Populer