CARA MENUJU KOTA AMBON DARI BANDARA PATTIMURA (AMBON AIRPORT)

Bagi anda yang baru pertama kali datang ke Kota Ambon menggunakan pesawat udara tiba di Bandara Internasional Pattimura (Ambon Airport ), ini sedikit cara dan petunjuk untuk sampai Kota Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku. Jarak Bandara Internasional Pattimura ke Kota Ambon kurang lebih 35 km, dan beberapa alternatif alat transportasi yang bisa digunakan untuk sampai ke kota ambon tersebut.




1. Menggunakan BUS DAMRI
  • Dua unit bus DAMRI bermerk Hyundai Euro II buatan Korea Selatan tersebut memiliki spesifikasi panjang sumbu roda 3,79 meter dengan panjang 6,34 meter (136-B), lebar dua meter, tinggi 1,61 meter, berat kendaraan 8.500 kg dan bermesin D4DB-EURO II tipe empat langkah, mampu mengangkut 27 penumpang dan dilengkapi dengan AC.
  • Bandara Pattimura ke pusat Kota Ambon akan melewati Hative Besar, Wayame, Poka, Rumah Tiga, Waiheru, Nania, Passo, Lateri, Halong, Galala, Batu Merah, Kantor DPRD Kota Ambon, Hotel Manise, Hotel Amboina, Tugu Trikora, Mangga Dua, Kantor Jasindo, Hotel Abdulalie, Jalan AY Patty dan Lapangan Merdeka. Tarif yang diberlakukan sebesar Rp 25 ribu/orang. 
  • Rute dari Kota Ambon menuju Bandara Pattimura yaitu Lapangan Merdeka-Swalayan Citra, Batu Merah, Galala, Halong, Lateri, Passo, Nania, Waiheru, Poka, Rumah Tiga, Wayame, Hative Besar dan Bandara Pattimura.
  • Kedua bus tersebut akan berangkat dari Lapangan Merdeka pada pukul 04.30 Wit, 09.00 Wit dan 13.00 Wit sedangkan jadwal keberangkatan dari Bandara Pattimura yaitu pada pukul 07.00 Wit, 12.30 Wit dan 15.00 Wit. 
  • Untuk melihat Jadwal  Bus Damri Bandara Pattimura - Kota Ambon terbaru silahkan baca di sini >>>

2. Menggunakan TAXI
Taxi yang dapat digunakan adalah Taxi Bandara atau ada "Taxi" dengan Plat Nomor Pribadi. Tarif menuju Kota Ambon berkisar antara Rp. 150.000 - 200.000.

3. Menggunakan BUS Umum
Bus Angkutan Umum yang dapat mengantar ke kota Ambon adalah Trayek HATTU - Ambon. Biayanya lebih murah dibandingkan BUS DAMRI hanya Rp. 7.000,-, tapi Bis Hattu hanya mengantarkan anda menuju Terminal Mardika, kemudian anda dapat mencari alat transportasi lain menuju tempat tujuan.

4. Menggunakan Ojek.
Alternatif ini bisa dipakai untuk anda yang tidak membawa banyak barang. Ojek dapat mengantarkan anda sampai ke Kota Ambon, namun perlu dipikirkan lagi jarak antara Bandara Pattimura ke Kota Ambon kurang lebih 38 km atau sekitar 50 menit sampai ke Kota Ambon dengan harga sekitar Rp.75.000. Keuntungannya bila kondisi jalan macet, menggunakan ojek dapat mempercepat sampai ke tuijuan anda.

Rute Perjalanan Bandara Pattimura - Kota Ambon


Rute  Perjalanan dari Bandara Pattimura (Ambon Airport) ke Pusat Kota Ambon dapat ditempuh dengan 2 cara, yaitu :
  1. Melewati jalan memutar:  Bandara Pattimura, Hative Besar, Wayame, Poka, Rumah Tiga, Waiheru, Nania, Passo, Lateri, Halong, Galala, Batu Merah, Kota Ambon.
  2. Menggunakan Kapal Ferry Poka-Galala :  Bandara Pattimura, Hative Besar, Wayame, Poka - KAPAL FERRY - Galala, Batu Merah, Kota Ambon. 


Kapal Ferry Poka - Galala

Atau alternatif selanjutnya bila Jembatan Merah-Putih telah selesai, dapat menggunakan Jembatan ini sebagai penyeberangan karena menghubungkan Poka dan Galala.


 Jembatan Merah - Putih

Begitulah sedikit informasi bagaimana cara menuju kota ambon dari Bandara Pattimura (Ambon Airport ) bagi yang baru pertama kali datang ke Ambon Manise.

99 comments:

  1. wah..kalau sekarang transportasi bandara ke kota ambon lancar tidak ya? saya berangkat dari Bandara SUB to AMQ smpai pukul 15.00. lalu mau lanjut ke pelabuhan naik KM. Kelimutu pukul 18.30 hari selasa, 1 Juli 2014. alternatif apa yang tepat ke pelabuhan dalam waktu tersebut? tolong solusinya basudara? Maaf belum paham dialek amq :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Bandara ke Pelabuhan Yos Sudarso, bisa naik bus damri saja atau menggunakan Taxi langsung diantar ke Pelabuhan. Tidak perlu khawatir selisih waktunya 3 jam lebih, jadi masih bisa ada waktu luang sedikit, kalo macet memakan waktu sekitar 2 jam saja. Ada satu alternatif lagi menggunakan speedboat,lewat jalur laut...

      Delete
    2. OKE. Terima kasih :) sangat membantu :D

      Delete
  2. Salam kenal.
    Tgl 14 Mei saya berencana wisata ke Ambon. Kalau dari bandara ke hotel Natsepa, tranportasi apa yg bisa saya gunakan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh itu bisa naik taksi bandara saja.. kalau Bus Damri tidak melewati jalur tersebut..

      Delete
    2. Mau tanya pak Irwan. Kalau dari Bandara Pattimura ke pantai Natsepa naik Ojek bisa tidak? kemudian lanjut dengan ojek tersebut ke Kota Ambon. Berapa ya tarif ojek tersebut? thanks

      Delete
  3. Kalau mau naik damri, tiketnya bisa didapat dimana ya? oya rencana mau menuju Jl. Jendral Soedirman....

    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari bandara tiketnya bisa didapat ketika di atas damri atau loketnya dekat dgn damri..

      Delete
  4. Kalau mau keliling kota naik ojek atau ketempat-tempat seperti pintu kota, pantai natsepa bisa naik ojek tidak ya ? dan ojek bisa didapatkan dimana saja ? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pangkalan ojek di dalam kota ambon sangat banyak,hampir setiap tempat ada pangkalan ojek. bahkan jarak pangkalan ojek satu dengan yang lainnya hanya 50 - 100 m.
      kalau ke tempat wisata seperti pintu kota, pantai natsepa dari pusat kota sekitar 45 menit - 1 jam. tapi antara pintu kota dan pantai natsepa arahnya berlawanan dari pusat kota, pintu kota ke arah selatan, sedangkan natsepa ke arah timur laut.

      Delete
  5. Pak Irwan, boleh tanya, skr taxi bandara berapa tarifnya (bandara - Jl.Benteng Kapaha Ambon)? apakah selalu ada siap antar atau harus menunggu dulu? terima kasih bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa tarif taxi antar atau jemput bandara berkisar Rp. 200 - 250 ribu.

      Delete
  6. Pak kalo dari bandara-Ambon, taxi skr berapa harganya, apa selalu ada tiap saat? terima kasih

    ReplyDelete
  7. bapak saya mau tanya kalau no telepon pelabuhan poka galala brapa ya ????

    ReplyDelete
  8. Mau tanya apakah wisatanya jauh dari pusat kota?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekitar 1/2 jam perjalanan. http://irwanto.info/tempat-wisata-kota-ambon-manise-dan-sekitarnya/

      Delete
  9. selamat pagi pak. saya ada rencana travelling ke ambon 27 juni ini. kalau dari bandara menuju hotel everbright bisa naik kendaraan apa ya pak? apa damri bisa? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. naik damri.. tapi damri tidak berhenti di depan hotel everbright.. perlu naik becak sekitar 100 m. Damri berhenti di Hotel Mulia/SD Belakang soya/perempatan belakang soya lalu gunakan becak/ojek ke hotel everbright.

      Delete
  10. slamat pagi pak,rencana bsk mau ke kantor imigrasi kelas 1 ambon,kalo dari bandara pattimura itu bisa naik apa pak??ini pertama kalinya saya mau ke ambon,,terimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tidak salah kantor imigrasi berada di kudamati. Dari bandara bisa sewa taksi langsung dgn biaya sekitar 200rb. Atau bisa pakai damri sampai di batu gantung berhenti lanjut dgn angkot kudamati.

      Delete
  11. Selamat malam Pak! Besok pertama kali saya ke Kota Ambon dan tiba di Bandara Pattimura pukul 17.30 WIT , apakah pd waktu tersebut masih ada Bus Umum? Dan untuk ke hotel Amans dengan bus umum bgm?

    ReplyDelete
  12. Selamat malam Pak. Kalau hendak ke Hotel Amans dari Bandara dengan Bus Umum apa bisa langsung ke Hotel Amans dan apakah pd pukul 17.30 WIT msh ada bus umum dari Bandara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada Bus Umum. "Hattu" ke Mardika. Hotel Amans terletak di Mardika.

      Delete
  13. mau tanya kalau dari bandara patiimura mau ke pelabuhan yang ada penyebrangan ke sanana kepulauan sula itu berapa jam ya? saya tiba di bandara pattimura jam 6 dan kapal menuju sanana saya lihat jam 9, apakah waktunya cukup???

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak waktu.., satu jam paling lambat sudah sampai di pelabuhan

      Delete
  14. Maaf Pak numpang Tanya dari bandara ke area Maluku city mall boleh via damri? Kalo angkot ada juga ya? Makasih infonya

    ReplyDelete
  15. Klau dari bandara patimura ingin ke pulau buru naik apa ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa naik ferry di pelabuhan ferry galala jam 20.00 dan kapal cepat di pelabuhan kecil belakang kota malam hari.

      Delete
  16. Pak Irwan, kalau dr terminal Mardhika ke pelabuhan Tulehu berapa jam dan naik apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sis. Ada bis angkot tulehu Rp.10.000. Sekitar 30-45 menit

      Delete
    2. Pak Irwan yang terhormat. Saya mohon petunjuk. Saya perjlnan dr Tual mengunakan KM Tidar, dr pelabuhan saya mau ke bandara menuju surabaya. Yg saya tanya kira2 tidar sampai ambon jam brp? Naik apa saya dr pelabuhan ke bandara? Butuh waktu brp lama untuk kebandara? Trimakasih atas petunjuknya

      Delete
    3. pak Heru.. untuk tibanya dengan kapal tidar di pelabuhan jam berapa saya kurang tahu. Dari pelabuhan ke bandara tidak terlalu jauh karena nanti melewati jembatan merah putih kira-kira 45 menit. bisa menggunakan mobil sewaan harganya sekitar 150-200rb.

      Delete
  17. Mau tanya pak Irwan. Kalau saya dari tual naik KM tidar itu sampai ambon jam berapa. Dan membutuhkan berapa lama waktu untuk ke bandara. Saya mau menuju ke surabaya. Mohon petunjuk dan arahannya utk yg hemat dan terbaik buat saya pribadi maupun temen2 yg kebetulan rencana sejln dengan saya. Trimakasih Pak irwan sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Pak Heru.. untuk tibanya dengan kapal tidar di pelabuhan jam berapa saya kurang tahu. Dari pelabuhan ke bandara tidak terlalu jauh karena nanti melewati jembatan merah putih kira-kira 45 menit. bisa menggunakan mobil sewaan harganya sekitar 150-200rb.

      Delete
    2. Pak irwan klo dr bandara utk ke toko cahaya liembers jln kakialy/ wr supratman bs pake damri ga? Sy mau beli oleh2..

      Delete

  18. Pagi pak irwan sy mau tnya klo dr bandara pattimura mau ke toko cahaya liembers jln kakialy .. bs naik damri ga ya? Sy mau beli oleh2 .. Krn sy dr bula .. Pesawat sore ke jkt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak Fajar. Kadang juga damri lewat jalur tersebut kalo ada penumpang yg akan turun di hotel manise dan swissbell

      Delete
    2. Mlm pak irwan.saya ada rencana prg ke ambon.kalo dari bandara pattimura menuju sanana.saya hrs naik transportasi apa.kira2 butuh brp lama kalo dari bandara pattimura ke sanana. Mksh

      Delete
  19. Pak irwan, psr cakar bongkar msh ada ga ya di ambon? Kl msh, ada di daerah mana? Tx

    ReplyDelete
  20. Pak irwan,psr cakar bongkar msh ada ga ya di ambon? Kl msh, ada di daerah mana? Tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah mardika dekat hotel Amans dan Hotel Wijaya

      Delete
    2. Daerah mardika dekat hotel Amans dan Hotel Wijaya

      Delete
    3. Pk Irwan Yth.Sy mau pulang ke Jkt ttpi sangunya agak menipis mklum hrs nginap di Penginapan dan Swab PCR jadi, apkah ada angkutan umum dari Terminal Mardika ke Bandara Pattimura. Terima ksih atas infonya. Steaven. Saparua.

      Delete
  21. Selamat malam pak,
    Ini kali pertama saya ke ambon.
    Saya mau Tanya apakah bus damri dari bandara pattimura melewati hotel orchid? Terima kasih..

    ReplyDelete
  22. Mlm pak irwan.saya ada rencana pergi ke ambon.kalo dari bandara juanda.bnr gk turunnya dibandara pattimura.terus saya mau lanjut pergi ke sanana.kalo dari bandara pattimura menuju sanana transportasi apa yg hrs saya naiki.mohon infonya ya pak.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini info dari teman: Ada kapal pelni, kapal sangiang baru kluar dr ambon tadi pagi pak. Jadwalnya setiap hari sabtu. Jd baru dr ambon tadi pagi nanti 2 minggu lg baru dr ambon lg pak.

      Lalu ada kapal 1 lg, naik kapal permata bunda pak. Tiap hari rabu sore dr ambon. Jadwalnya setiap minggu ada.
      Hari selasa tgl 29 november ini saya ke ambon pak, dgn kapal permata bunda tiba ambon hari rabu.

      Delete
  23. Mlm pak irwan.saya ada rencana pergi ke ambon.kalo dari bandara juanda.bnr gk turunnya dibandara pattimura.terus saya mau lanjut pergi ke sanana.kalo dari bandara pattimura menuju sanana transportasi apa yg hrs saya naiki.mohon infonya ya pak.mksh

    ReplyDelete
  24. Mlm pak irwan. Saya ada rencana pergi ke ambon.kalo dari bandara pattimura ke sanana saya hrs naik transportasi apa.mksh.tlg bpk cantumkan ongkos2 transportasinya ya.

    ReplyDelete
  25. Met mlm pak.saya ada rencana pergi ke ambon.kalo dari bandara menuju sanana alat transportasi apa yg hrs saya naiki.dan butuh memakan wktu berapa lama.mksh

    ReplyDelete
  26. Slmt mlm pak.saya ada rencana pergi ke ambon.kalo dari bandara pattimura menuju sanana.transportasi apa yg hrs saya naiki.mengingat saya baru pertama kali prg ke ambon.tlg bpk cantumkan biaya alat transportasinya ya.mksh

    ReplyDelete
  27. Mlm pak irwan.saya ada rencana prg ke ambon.kalo dari bandara pattimura ke sanana.saya hrs naik transportasi apa?? Mengingat saya baru pertama kali pergi ke ambon.

    ReplyDelete
  28. Pak irwan, apa psr cakar bongkar di psr mardika msh ada? Mhn infonya

    ReplyDelete
  29. Psr cabor di mardika letaknya disebelah mana ya pak? Selain di mardika,psr cabor ada dmn lg ya pak? Suwun

    ReplyDelete
  30. Malam pak Irwan, besok sy rencana mau ke ambon pertama kalinya. Tiba diambon pukul 18.00. Dari bandara utk menuju ke hotel everybright transportasinya apa ya pak? Kemudian dr hotel ke mall maluku city, transportasinya apa pak? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. naik damri.. tapi damri tidak berhenti di depan hotel everbright.. perlu naik becak sekitar 100 m. Damri berhenti di Hotel Mulia/SD Belakang soya/perempatan belakang soya lalu gunakan becak/ojek ke hotel everbright.

      Delete
  31. Halo pak saya ada rencana ke ambon dan saya ingin mengunjungi passo dan hila ,untuk akses nya gimana ya pak?sama jarak tempuhnya berapa lama?ini saya pertama kali akan ke ambon

    ReplyDelete
  32. Pak jarak dari banndara ke passo berapa lama?lalu dari bandara ke hila berapa lama atau dari paso ke hila berapa lama?saya akan ke ambon untuk pertama kalinya .mohon infonya pak. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari bandara ke passo 27 km sekitar 30 menit, jarak bandara ke desa hila 36 km sekitar 1 jam, jarak passo - hilla 25 km sekitar 45 menit.

      Delete
  33. Dr bandara ke pelabuhan yossudarso biar ongkos murah naik apa pak? Damri ada tidak ke pelabuhan dr bandara. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  34. Bus damri dr bandara ke pelabuhan yossudarso ada tidak ya? Atau naik apa biar irit ongkos ke pelabuhan. Terimahkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa naik bus damri turun di perempatan jalan A Y Patty dan Jalan A M Sangadji lalu ke Pelabuhan Yos Sudarso sekitar 300 m.

      Delete
  35. mohon petunjuknya pak. dari bandara ke swissbell hotel ?? trimakasih

    ReplyDelete
  36. Saya akan menginap di Hotel Orchid. Apakah bisa naik DAMRI?

    ReplyDelete
  37. Selamat sore .... Kalau ke Hotel Orchid Jl. Pattimura apakah bisa menggunakan Bus DAMRI juga?
    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Berhenti di depan Bank Maluku lalu jalan sekitar 75m ke Hotel Orchid

      Delete
  38. Pak Irwan dan keluarga kerja dan menetap di Ambon kah? Hihihii #kepo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja di instansi apa pak? Tinggal di daerah mananya?

      Delete
    2. Kerjanya Ojek Pak Sulovyo.. hehehe.. bisa cek aja di http://irwanto.info

      Delete
  39. Selamat siang pak irwan,
    dari bandara ke hunimuwa(pelabuhan fery)itu pake angkot apa yah?

    Mohon infonya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Juan, biasa ke pelabuhan ferry Liang/hunimua ada angkot Jurusan Liang/Hunimua. Kalo dari bandara berarti harus naik angkot ke terminal dulu, kemudian baru angkot Liang/Hunimua. bisa juga dari bandara naik angkot Hattu turun di Passo, kemudian lanjut dengan angkot Liang/Hunimua.

      Delete
  40. Numpang tanya juga pak, kalo dari pattimura airport ke pelabuhan Hulnahere, tuleho, berapa jam ya? n sbaiknya naik apa yg cepet? Terimakasih, Yoan.

    ReplyDelete
  41. Maav pak mau tanya kalo dari bandara pattimura ke pulau damer gimana ya alurnya?? Saya mau ke pulau damer. Makasih ..

    ReplyDelete
  42. Maav pak mau tanya kalo dari bandara pattimura ke pulau damer gimana ya alurnya?? Saya mau ke pulau damer. Makasih ..

    ReplyDelete
  43. Pa Irwan,

    Kalau saya hendak ke Tulehu dari Bandara brapa kira2 taksinya ya ? Saya tiba pukul 6 kalau naik DAMRI kejar ferry ke Banda jam 9 apa terkejar ?

    Rio

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Rio biasa harga taksi bandara 150rb-200rb.Damri menuju pusat kota tidak ke Tulehu.

      Delete
  44. Pa Irwan,

    Kalau saya hendak ke Tulehu dari Bandara brapa kira2 taksinya ya ? Saya tiba pukul 6 kalau naik DAMRI kejar ferry ke Banda jam 9 apa terkejar ?

    Rio

    ReplyDelete
  45. Kalau sy hendak ke Dalam kota Ambon dari Bandara berapa lama waktu tempuhnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira 30 menit lewat Jembatan Merah Putih

      Delete
    2. Mhn inf apkah ada angkutan kota dari Terminal Mardika ke Bandara Pattimura Ambon pk. Trm ksih infonya. Selamat mlm pk Irwan. Steaven Saparua.

      Delete
  46. Slmt mlm pk Irwan. Apakah di Terminal Mardika ada angkutan kota yg menuju Bandara Pattimura Ambon? Trm ksih infonya. Dari Steaven. Saparua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menggunakan mobil Laha atau Hattu Pak Steaven

      Delete
    2. Biasanya ada damri juga dari lapangan merdeka ke bandara

      Delete
  47. Mau tanya pak Irwanto setelah sampai bandara Pattimura kalo rencana mau nyebrang pulau buru enaknya di hotel kota Ambon atau di dekat bandara? Dan dari kota Ambon ke P buru naik apa dan memakan waktu brp lama, soalnya mau pertama kali ke kota Ambon dan mau nyembrang, terimakasih pak,🤝

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Al Fatih, Mau ke Buru Utara (Namlea) atau Buru Selatan (Namrole)?. Bisa menggunakan kapal Ferry (Galala) atau Kapal Cepat (Pelabuhan Yos Sudarso/Pelabuhan Kecil). Sebaiknya Nginap di Kota Ambon, banyak Penginapan dan Hotel dekat pelabuhan. Kalo ke Namlea dan Namrole, ada pesawat kecil juga, Namlea kalo tidak salah hampir setiap hari, kalau Namrole, 3x seminggu.
      Bulan lalu saya ke Namrole (Buru Selatan) pakai Kapal Elizabeth. Berangkat jam 20.00 dari pelabuhan Yos Sudarso, memakan waktu sekitar 8 jam, sama juga ke Namlea.

      Delete
  48. pak saya mau ke bandara
    ada info kendaraan tidak pak?
    mau naik taxi juga boleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Dadang. Lokasi Gong Perdamaian banyak taksi, siap antar ke bandara.
      Bisa juga kontak nomor ini 082187184448

      Delete
  49. Halo Pak Irwanto, mau nanya kalau dari Bandara Pattimura ke Hotel The City Hotel di Kota Ambonnya naik apa dan biayanya berapa ya? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak. Bisa naik taxi dari Bandara biaya sekitar 200rb, ada juga ojek, bisa Angkot atau kalau masih ada Damri lebih murah, turun tempat pemberhentian jalan ke Hotel sekitar 100 meter

      Delete
  50. Hallo Pak,mo tanya kalo dr Bandara Pattimura ke Hotel& Resort Natsepa bs pakai Damri nggak yaa? Mksh sblmx

    ReplyDelete
  51. mau nanya pak klo dari bandara Pattimura menuju pelabuhan Ambon biaya sekitar berapa ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taxi dari Bandara ke Pelabuhan Ambon sekitar Rp. 200rb.

      Delete

Entri Populer